RSUD LOMBOK TIMUR “ SEMPURNAKAN KEMBALI SENYUM INDAH ANAK KITA, DALAM BAKTI SOSIAL OPERASI CELAH BIBIR DAN CELAH LANGIT-LANGIT”

Assalamu’alaikum. Halo sahabat Prima…Kali ini Rumah Sakit Umum Daerah Lombok Timur memberikan kabar terbaru terkait Bakti Sosial Operasi Celah Bibir dan Langit-langit secara gratis yang sudah terlaksana pada tanggal 29 Februari,1-2 Maret 2024 kemarin.
 
Kegiatan bakti sosial kali ini terlaksana atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, RSUD Lombok Timur, Smile Train, dan Yayasan Surabaya CLP Center. Sebanyak 14 orang anak dari seluruh wilayah di kabupaten Lombok Timur menjadi peserta operasi celah bibir dan langit-langit. 
 
Celah bibir dan atau langit-langit adalah suatu kondisi dimana terdapat celah pada bibir dan atau sampai ke langit-langit mulut. Kondisi ini disebabkan oleh adanya kelainan bawaan sejak lahir. Pasien yang mengalami kondisi ini bisa mengalami gangguan pada fungsi mulut saat makan minum atau terjadi gangguan berbicara. Hal ini tentu akan menganggu secara kesehatan dan estetik. Yayasan Smile Train berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi anak-anak yang mengalami kondisi serupa.
 
Pelaksanaan operasi seperti pada umumnya membutuhkan persiapan yang detail, terlebih pada operasi jenis ini. Pihak rumah sakit, khususnya panitia berusaha maksimal untuk melaksanakan screening bagi setiap calon peserta operasi. Setiap anak memiliki kondisi unik dan berbeda-beda sehingga perlu diperiksa dengan teliti. Beberapa kriteria operasi untuk celah bibir adalah anak dengan usia minimal 10 minggu dengan berat minimal 5 kilogram dan dinyatakan sehat secara umum baik secara fisik dan hasil pemeriksaan laboratorium. Sedangkan untuk celah langit-langit syaratnya adalah anak dengan usia minimal 10 bulan dengan berat 10 kg dan sehat secara fisik dan laboratorium.
 
Rumah Sakit Umum Daerah Lombok Timur memiliki fasilitas ruang operasi yang sudah memadai dan terstandar. Berada di lantai 3, dengan pemandangan Laut di sebelah selatan dan Gunung Rinjani di sebelah utara memberikan nuansa damai bagi pengunjung dan penghuni rumah sakit terlebih bagi peserta operasi celah bibir dan langit-langit kemarin. Dua orang dokter spesialis bedah plastik dan bahkan konsultan hadir memberikan pelayanan terbaik bagi pasien operasi. Beliau adalah dr. Rifqy Kurniawan,Sp.BP-RE dan dr. Alki Andana,Sp.BP-RE (K) hadir dari kota yang jauh untuk masyarakat Lombok Timur. Operasi ini juga di damping oleh dokter Spesialis Anestesi RSUD Lombok Timur yaitu dr. Curniawati Trisari Sp.An-Konsultan ICU, tim dokter dan nakes lainnya.
 
Kegiatan bakti sosial kali ini berjalan selama tiga hari. Antusiasme dari orangtua dan keluarga besar RSUD Lombok Timur dalam melaksanakan kegiatan ini sangat tinggi. Semua civitas Hospitalia ikut serta mensukseskan kegiatan dan alhamdulillah berjalan dengan lancar sampai selesai. Orangtua pasien sangat bersyukur kepada Allah SWT dan juga berterimakasih kepada pihak penyelenggara. Salah satu keluarga dalam sambutannya mengatakan “dengan adanya operasi gratis ini, impian kami sebagai orangtua untuk memberikan kasih sayang dan pengobatan terbaik bagi anak-anak kami  telah tertunaikan”. Harapannya semoga kegiatan ini bermanfaat penuh berkah dan tentu saja semoga bisa membawa kebahagiaaan keluarga melihat sempurnanya seyum anak-anak kita semua.
 
Bakti sosial oleh RSUD Lombok Timur bukan hanya kali ini. Rumah Sakit Umum daerah Lombok Timur juga telah menyelenggarakan kegiatan-kegiatan bakti sosial lainnya seperti Operasi Katarak yang sudah berulangkali dilaksanakan, kegiatan penyuluhan pada hari-hari besar baik di dalam maupun di luar rumah sakit. Berbagai macam jenis pelayanan Kesehatan telah tersedia di Rumah Sakit ini, harapannya semoga RSUD Lombok Timur senantiasa memberikan pelayanan yang PRIMA dan PARIPURNA kepada seluruh masyarakat.
 

Share