RSUD LOMBOK TIMUR MENGGELAR BAKTI SOSIAL PENGOBATAN DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN GRATIS DI DESA KORLEKO

Sabtu, 10 September 2022

Sebagai salah satu bentuk pengabdian dan kepedulian sosial rumah sakit yang bergerak dibidang kesehatan, RSUD Lombok Timur  mengadakan Bakti Sosial (Baksos) Pengobatan dan Pemeriksaan kesehatan Gratis di Desa Korleko Kec. Labuhan Haji. Kegiatan baksos ini diselenggarakan sebagai wujud implementasi pengabdian kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat, sekaligus sebagai rangkaian dari pelaksanaan HUT ke-3 RSUD Lombok Timur yang bekerjasama dengan pemerintah desa Korleko. Kegiatan Bakti Sosial yang dilakukan berupa pelayanan kesehatan gratis antara lain;  pemerikaan kesehatan (Pemeriksaan kadar Glukosa Darah, Asam Urat, Kolesterol), konsul kesehatan dan pengobatan, serta  pelayanan USG untuk Ibu Hamil. Kegiatan berlangsung ramai dari pukul 08.00 WITA sampai pukul 12.30 WITA yang bertempat di Polindes desa Korleko. Kegiatan dihadiri oleh masyarakat di wilayah desa Korleko dan sekitarnya dengan jumlah peserta baksos sekitar 150 orang. 

Tim petugas kesehatan yang turun dari RSUD Lombok Timur dalam Kegiatan ini berjumlah 16 orang yang terdiri dari Dokter, Perawat, Bidan, Farmasi serta petugas penunjang kesehatan lainnya dari Instalasi Lab dan Unit Radiologi. Tujuan kegiatan baksos ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran dan rasa peduli seluruh lapisan masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat dan pentingnya untuk memeriksakan diri dan keluarga ke fasilitas kesehatan yang ada di wilayahnya baik itu puskesmas maupun Rumah Sakit. Dalam wawancara yang dilakukan pada salah satu masyarakat yang datang memeriksakan kesehatannya didapatkan bahwa kegiatan semacam ini sangat bermanfaat dan dibutuhkan karena masyarakat dapat mengetahui status kesehatannya, mendapatkan pelayanan kesehatan dan pengobatan secara gratis.

Ucapan terima kasih dari warga juga disampaikan oleh Mawardi, S.Pd selaku Sekertaris Desa yang mendampingi warga dan petugas kesehatan dalam pemeriksaan. Selain ucapan terima kasih, harapan besar untuk dilaksanakannya kegiatan serupa juga disampaikan oleh beliau. “Mudah-mudahan di lain waktu RSUD Lombok Timur dapat mengadakan kegiatan bakti sosial pengobatan gratis seperti ini lagi dengan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat desa kami yang membutuhkan,” ungkapnya.

Selain itu, dr. Ade dalam sambutannya juga berharap semoga kegiatan ini dapat memberikan sumbangsih sosial secara nyata untuk pembangunan di Desa Korleko  dalam bidang kesehatan, yang merupakan salah satu perwujudan kepedulian dari komitmen RSUD Lombok Timur untuk meningkatkan kualitas kesehatan yang Prima, sehingga diharapkan dapat memberikan dampak positif untuk terbangunnya kondisi kesehatan masyarakat yang lebih baik lagi serta dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya warga desa Korleko." Ujar dr. Ade Anugrah Karyana, selaku Kasie Pelayanan yang mewakili manajemen dalam Kegiatan Baksos pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis ini. (Bern)



Share